Rabu, 05 Desember 2012

Ciri ciri Cat yang Berkualitas

       Pengaplikasian cat rumah dengan warna yang tepat, membuat rumah idaman Anda semakin hidup dan berwarna. Oleh karena itu, ketika Anda hendak mengecat rumah, jangan sekedar mengikuti trend warna cat yang lagi booming, akan tetapi Anda perlu memperhatikan ciri-ciri kualitas cat yang bagus.

        Secara logika, cat rumah yang berkualitas bagus pasti harganya pun lebih mahal dari pada cat yang biasa. Namun, hal tersebut jangan dijadikan sebagai salah satu alasan untuk memilih cat dengan harga yang murah, akan tetapi kita harus melihat pada kualitasnya, sehingga meskipun harganya mahal-mahal sedikit, tetapi hasilnya pun memuaskan.

        Seperti dilansir pada laman Kompas, Cat yang berkualitas minimal mempunyai empat fungsi yang harus dimiliki, di antaranya daya sebar, daya tutup, mudah dalam pengaplikasiannya, dan aman bagi kesehatan lingkungan.

       Selain itu, kandungan zat-zat tambahan (additive) yang semakin lengkap tentu akan membuat harga jadi lebih tinggi dan menyempurnakan kualitas cat. Misalnya, dalam hal kehalusan cat, kemampuan menutupi retak rambut, kemampuan dibersihkan dari noda, kelenturan lapisan cat, juga kemudahan aplikasinya.

        Intinya, semakin tinggi kualitas cat, harganya pun akan semakin mahal. Pasalnya, di samping keempat hal pokok di atas, cat yang berkualitas akan memiliki nilai tambah seperti daya tahan terhadap cuaca, anti jamur, tidak memudar (anti fading), mudah dibersihkan (washable), dapat menutup retak rambut (cover hair line crack) serta tambahan pengharum (fragnance).

        Cat juga harus aman. Bila memilih cat, misalnya, kita harus memilih yang mengandung bahan-bahan yang tidak beracun dan tentunya aman bagi kesehatan manusia. Selain itu, cat harus ramah lingkungan, tidak berbau, dan mengandung kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang rendah. VOC adalah organik yang mudah menguap pada saat cat diaplikasikan dan bersifat mengganggu pernafasan bila terhirup.

        Biasanya perusahaan cat yang memiliki sertifikat Singapore Green Label telah memenuhi uji baku mutu VOC dan menerapkan standar ramah lingkungan tidak hanya diterapkan pada produknya, tetapi juga diterapkan pada proses produksi di pabrik hingga pengolahan limbahnya yang diaudit secara berkala oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

         Dari sedikit informasi tentang Tips Memilih cat berkualitas bagus atau Ciri-ciri cat yang berkualitas seperti yang dijelaskan diatas, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih cat yang berkualitas bagus tanpa membandingkan harga. Yang terpenting adalah, Anda puas meski harga mahal.

Bagi yang ingin membeli cat tembok secara online,bisa beli disini

1 komentar: