Minggu, 02 Desember 2012

Konsep Rumah Minimalis





Filosofi dari makna minimalis adalah mewakili gaya hidup yang praktis, dinamis, ringkas, efektif dan efisien. Semua filosofi tersebut bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan termasuk arsitektur bangunan rumah, interior ruang, dan eksterior taman. Konsep rumah minimalis adalah terjemahan sebuah gaya dan pola kehidupan masa sekarang yang serba cepat, simple, instan tetapi mengutamakan kualitas. Hal ini merupakan tatanan kehidupan, pola pikir dan idealisme manusia modern.

Berikut ini adalah beberapa konsep rumah minimalis:
  • Bertujuan meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan (eksterior dan interior) dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebih di dalam ruang tersebut. 
  • Minimalis menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian banyak ornamen dekoratif, pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang-ruang yang tercipta ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernij aksesori di dalamnya. 
  • Mengoptimalkan sirkulasi udara segar yang sehat dan pencahayaan sinar matahari yang berlimpah sehingga ruang menjadi terasa lega. 
  • Pemakaian bahan-bahan sederhana (unsur kesederhanaan yang kuat) bukan kemewahan dengan material mahal. Penggunaan material alam (unsur keselarasan dengan alam) tetap bisa membuat bangunan rumah dan taman tetap bisa tampil optimal. 
  • Mementingkankan unsur kebersihan sehingga lebih mengutamakan pada fungsi dengan corak yang cenderung polos 
  • Menggunakan fasad rumah yang didesian dengan lebih sederhana sehingga terkesan bersih dan lapang 
  • Cenderung menghindari design yang penuh degan lekukan dan tonjolan yang melengkung serta menggunakan finishing warna grayscale yang sempurna.
      VIDEO KONSEP RUMAH MINIMALIS 


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar